LAPORAN STADIUM GENERAL
” PERKEMBANGAN
TEKNOLOGI MULTIMEDIA ”

Disusun Oleh:
Anieke Laras. S
8090047
AKADEMI TEKNIK TELEKOMUNIKASI
SANDHY PUTRA JAKARTA
2012
SURAT PERNYATAAN

Dengan ini saya
menyatakan :
Nama : Anieke Laras S
Nim : 8090047
Bahwa laporan
stadium general saya asli dan murni buatan saya sendiri tanpa adanya bantuan
dari pihak manapun.
Mengetahui Hormat
saya
Ibu Liestyowati Anieke Laras S
KATA PENGANTAR

Assalamualaikum
wr.wb
Puji
syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah yang telah memberikan rahmat dan
nikmat sehatNya kepada kita semua, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan
ini dengan sebaik-baiknya. Tak lupa pula solawat serta salam kepada nabi besar
Muhammad Saw. Penulis juga mengucapkan teimakasih kepada teman-teman dan
pihak-pihak yang turut membantu dalam pembuatan laporan ini.
Laporan
ini merupakan hasil dari kegiatan mata kuliah Stadium general. Dan salah satu
tujuan dalam pembuatan laporan ini adalah untuk memenuhi tugas yang diberikan kepada
penulis agar mendapatkan nilai maksimal. Dan semoga laporan ini dapat
memberikan manfaat kepada para pembaca.
Demikian
kilasan dari laporan ini, kritik dan saran selalu dinanti oleh penulis agar
menjadi koreksi dalam pembuatan laporan selanjutnya.
Wassalamualaikum wr.wb
Jakarta, Febuari 2012
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Saat ini manfaat perkembangan teknologi multimedia sangatlah
diperlukan dalam berbagai bidang di seluruh dunia, seperti bidang pendidikan,
kesehatan, publikasi/periklanan, pertanian, sistem manajemen pemerintahan, dan
lain-lain.
Istilah multimedia
pertama kali di kenal pada dunia teater, yang mempertunjukan pagelaran dengan
menggunakan gerak, musik, dan video untuk menambah dramatisasi suatu cerita.
Sekarang multimedia dikenal dengan panduan dari hasil gambar atau image,
grafik, teks, suara, TV, dan animasi sehingga menjadi suatu karya yang dapat
dinikmati secara audio visual. Umumnya juga orang mengenal multimedia sebagai
sistem dari komputer personal (PC) yang berkembang pesat dewasa ini. Dalam
Perkembangannya pengajaran, latihan, pembuatan manufaktur, sedang dalam system
perekonomian layak digunakan untuk kegiatan promosi penjualan. Satu alasan
penting bahwa alat bantu multimedia yang relevan dan dipilih dengan baik adalah
menarik perhatian dengan kualitas kerja yang luar biasa, warna-warna terang
pada bagan, bentuk unik suatu obyek, dan getaran bunyi yang khusus, semuanya
akan membantu mendapatkan perhatian. Dengan kualitas praga yang luar biasa,
warna-warna pada bagan, bentuk unik suatu obyek, dan getaran bunyi yang khusus,
semuanya akan membantu mendapatkan perhatian dan memperbaharui daya tarik
gagasan yang disampaikan. Perhatian penuh dapat dilakukan hanya dalam beberapa
detik memiliki “waktu paruh“ yang sangat singkat alat multimedia dapat
digunakan secara efektif untuk mengendalikan perhatian penyimak melalui
stimulasi visual dan stimulasi oral. Stimulasi visual dan stimulasi oral akan
memberikan kesadaran yang tinggi, intensitas, ukuran yang besar, pengulangan,
durasi, warna yang cerah. Multimedia juga sangat membantu dalam kegiatan
belajar, selain dalam membantu kegiatan promosi, dimana belajar mengajar
merupakan hal yang patut di perhatikan dalam meningkatkan sumberdaya manusia.
Dengan meningkatnya sumber daya manusia maka suatu negara dapat di katakan
telah maju, dengan adanya multi media system belajar mengajar dapat efektif dan
efesien sehingga dengan adanya multimedia belajar dapat berinteraktif.
1.2 PERUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang tersebut, dapat diketahui bahwa
untuk memenuhi serta mempermudah segala kebutuhan manusia di butuhkan
teknologi. Untuk itu kita dapat melihat perkembangan dan kemajuan teknologi
multimedia saat ini yang dapat menunjang kebutuhan manusia yang semakin
meningkat dan beragam. Dan pada laporan ini memiliki pokok bahasan mengenai perubahan
berbagai teknologi dan sarana informasi yang ada saat ini.
1.3 TUJUAN DAN MANFAAT
- Mengetahui perkembangan teknologi saat ini.
- Mengetahui perubahan sarana informasi dan hiburan.
- Mengetahui peluang perubahan teknologi dan sarana informasi yang ada di sekitar kita.
- Dapat menumbuhkan ketertarikan tertentu terhadap teknologi yang lebih canggih.
- Dapat memanfaatkan suatu teknologi secara maksimal.
BAB
II
PEMBAHASAN DAN ANALISA
PEMBAHASAN DAN ANALISA
2.1.
BAB PEMBAHASAN
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA
PERUBAHAN
KEBUTUHAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA
Zaman
sekarang, internet merupakan kebutuhan bagi banyak orang karena dengan internet
kita bisa mengakses dan menemukan segala informasi di seluruh dunia dengan
cepat dan mudah. Kebutuhan internet yang sangat penting sehingga peningkatan
jumlah pemakai internet setiap tahun yang selalu meningkat di seluruh dunia. Di
Indonesia sendiri jumlah pemakai internet selalu meningkat dengan peningkatan
yang cukup besar.
Perkembangan internet sangat pesat karena berbagai macam fasilitas yang ada di dalamnya. Fasilitas-fasilitas internet memiliki beberapa tujuan yaitu :
·
Sebagai media melakukan transfer file
Transfer file yang dimaksud adalah untuk melakukan akses pada server lain yang jaraknya jauh, baik secara anonymous FTP (File Transfer Protocol) maupun yang bukan anonymous FTP.
Transfer file yang dimaksud adalah untuk melakukan akses pada server lain yang jaraknya jauh, baik secara anonymous FTP (File Transfer Protocol) maupun yang bukan anonymous FTP.
· Sebagai sarana mengirim surat (email).
· Sebagai surat pembelajaran dan
pendidikan.
· Sebagai sarana untuk penjualan atau
pemasaran.
·
Melakukan mailing list, newsgroup, dan
konferensi
Mailing list atau newsgroup digunakan untuk melakukan diskusi online dalam sebuah forum tertentu untuk membahas permasalahan tertentu bagi netter (pengguna internet) yang memiliki masalah dan topic yang sama.
Mailing list atau newsgroup digunakan untuk melakukan diskusi online dalam sebuah forum tertentu untuk membahas permasalahan tertentu bagi netter (pengguna internet) yang memiliki masalah dan topic yang sama.
·
Chating
Chatting adalah sarana internet yang digunakan untuk berkomunikasi langsung melalui tulisan ataupun lisan.
Chatting adalah sarana internet yang digunakan untuk berkomunikasi langsung melalui tulisan ataupun lisan.
·
Mesin pencari (search engine)
Mesin pencari (search engine) merupakan fasilitas yang disediakan oleh situs-situs tertentu untuk mempermudah pencarian atau pelacakan informasi yang kita butuhkan secara cepat.
Mesin pencari (search engine) merupakan fasilitas yang disediakan oleh situs-situs tertentu untuk mempermudah pencarian atau pelacakan informasi yang kita butuhkan secara cepat.
·
Untuk mengirim SMS ke telepon seluler.
·
Sarana entertainment dan permainan.
·
Berbagi pakai file.
·
Menyimpan file multimedia seperti,
audio, foto, dokumen, maupun video.
·
Menjalin persahabatan / mencari teman
baik local maupun mancanegara dengan situs jejaring sosial.
Menyalurkan ide kreatif ide melalui blogging
Menyalurkan ide kreatif ide melalui blogging
PERKEMBANGAN
TEKNOLOGI
Untuk
dapat memberikan gambaran yang mudah mengenai perkembangan teknologi, kita
dapat melihat perkembangan teknologi televisi yang sangat akrap dengan
kehidupan masyarakat saat ini.
Televisi adalah sebuah
alat penangkap siaran bergambar. Kata telvisi berasal dari kata tele dan
vision; yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi
Televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. Di Indonesia
sendiri 'TV' secara tidak formal disebut dengan TV, tivi, teve/tipi.
1.
Televisi analog mengkodekan informasi
gambar dengan memvariasikan voltase atau frekuensi dari sinyal. Seluruh sistem
sebelum TV digital dapat dimasukan ke analog.
Sistem yang dipergunakan dalam TV analog adalah NTSC (National
Television System Committee) badan industri pembuat standar yang
menciptakannya. Sementara, sistem PAL (Phase-Alternating Line, phase
alternation by line/untuk phase alternation line). Dalam bahasa Indonesia:
garis alternasi fase), adalah sebuah encoding berwarna digunakan dalam sistem
televisi broadcast, digunakan di seluruh dunia. PAL dikembangkan di Jerman oleh
Walter Bruch, yang bekerja di Telefunken dan pertama kali diperkenalkan pada
1967.
2.
Televisi digital (bahasa Inggris: Digital
Television, DTV) adalah jenis TV yang menggunakan modulasi digital dan sistem
kompresi untuk menyebarluaskan video, audio, dan signal data ke pesawat
televisi. TV resolusi tinggi/high-definition television (HDTV), yaitu: standar
TV digital internasional yang disiarkan dalam format 16:9 (TV biasa 4:3) dan
surround-sound 5.1 Dolby Digital. Ia memiliki resolusi yang jauh lebih tinggi
dari standar lama. Penonton melihat gambar berkontur jelas, dengan warna-warna
matang dan depth-of-field yang lebih luas daripada biasanya. HDTV memiliki
jumlah pixel hingga 5 kali standar analog PAL yang digunakan di Indonesia.
3.
Televisi kabel adalah sistem penyiaran
acara TV lewat frekuensi radio melalui serat optic kabel coaxial & bukan
lewat udara seperti siaran TV biasa yang harus ditangkap antena. Selain acara
TV, acara radio FM, internet & telephon juga dapat disampaikan lewat kabel.
4.
Televisi satelit adalah TV yang
dipancarkan dengan cara yang mirip seperti komunikasi satelit, serta bisa
disamakan dengan TV lokal & TV kabel. Di banyak tempat di bumi ini, layanan
televisi satelit menambah sinyal lokal yang kuno, menghasilkan jangkauan
saluran dan layanan yang lebih luas, termasuk untuk layanan berbayar.
MEDIA VISUAL
Perkembangan
teknologi komunikasi yang sudah semakin canggih. Berbagai kebutuhan manusia
menuntut adanya perubahan teknologi yang bisa menunjang kehidupan manusia itu
sendiri. Kepraktisan mungkin merupakan kunci utamanya. 3D Hologram merupakan teknologi
komunikasi yang tergolong baru kehadirannya bagi masyarat dunia.
Fungsi 3D Hologram
3D Hologram mampu digunakan untuk mengirim atau menghadirkan suatu benda atau pun manusia tanpa harus didatangkan secara langsung. Benda atau manusia yang dihadirkan pun dalam bentuk 3D, sehingga terlihat nyata. Prinsipnya adalah dengan merekam apa yang ingin kita sampaikan, lalu diolah dengan menggunakan teknologi hologram ini. Setelah pengolahan data terjadi, benda atau apapun yang kita rekam itu mampu kita hadirkan tanpa harus dihadiri langsung oleh benda atau manusia yang bersangkutan.
Teknologi 3D Hologram ini dibuat oleh perusahaan Musion System yang dimotori oleh Ian O'Connell di Inggris. Beberapa perusahaan seperti Adidas, Honda, Nokia, Tata Nano, Al Gore, Sir Alex Ferguson juga mulai melirik teknologi ini dan menggunakan jasanya.
Kelebihan 3D Hologram
Teknologi 3D Hologram ini sangat membantu berbagai kebutuhan manusia di zaman sekarang. Kesibukan dan mobilitas yang tinggi bisa teratasi dengan teknologi komunikasi ini. Hal ini mungkin bisa digolongkan langka di Indonesia. Di dunia kesehatan pun, teknologi ini bisa digunakan untuk mengecek keseluruhan kesehatan pasien tanpa sang pasien harus bersusah payah datang langsung ke rumah sakit.
3D Hologram ini idenya mungkin sama dengan 3G dan webcam, namun kelebihan yang mencolok adalah bentuk 3D yang dihadirkannya. Bisa berinteraksi sudah dapat dipastikan iya, karena itulah fungsi utamanya.
Fungsi 3D Hologram
3D Hologram mampu digunakan untuk mengirim atau menghadirkan suatu benda atau pun manusia tanpa harus didatangkan secara langsung. Benda atau manusia yang dihadirkan pun dalam bentuk 3D, sehingga terlihat nyata. Prinsipnya adalah dengan merekam apa yang ingin kita sampaikan, lalu diolah dengan menggunakan teknologi hologram ini. Setelah pengolahan data terjadi, benda atau apapun yang kita rekam itu mampu kita hadirkan tanpa harus dihadiri langsung oleh benda atau manusia yang bersangkutan.
Teknologi 3D Hologram ini dibuat oleh perusahaan Musion System yang dimotori oleh Ian O'Connell di Inggris. Beberapa perusahaan seperti Adidas, Honda, Nokia, Tata Nano, Al Gore, Sir Alex Ferguson juga mulai melirik teknologi ini dan menggunakan jasanya.
Kelebihan 3D Hologram
Teknologi 3D Hologram ini sangat membantu berbagai kebutuhan manusia di zaman sekarang. Kesibukan dan mobilitas yang tinggi bisa teratasi dengan teknologi komunikasi ini. Hal ini mungkin bisa digolongkan langka di Indonesia. Di dunia kesehatan pun, teknologi ini bisa digunakan untuk mengecek keseluruhan kesehatan pasien tanpa sang pasien harus bersusah payah datang langsung ke rumah sakit.
3D Hologram ini idenya mungkin sama dengan 3G dan webcam, namun kelebihan yang mencolok adalah bentuk 3D yang dihadirkannya. Bisa berinteraksi sudah dapat dipastikan iya, karena itulah fungsi utamanya.
TEKNOLOGI YANG MENDUKUNG PERUBAHAN
MEDIA ONLINE
Yang dimaksud dengan Online
media adalah salah satu media massa yang tersaji secara online di situs
web (website) di internet. Media Online merupakan produk jurnalistik online.
Jurnalistik online disebut juga cyber journalisme didefinisikan sebagai
“pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui
internet” (wikipedia). Secara teknis atau ”fisik”, media online adalah media
berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet). Termasuk
kategori media online adalah portal, website (situs web, termasuk blog), radio
online, TV online, dan email.
Manfaat Online Media
diantaranya :
1. Sarana
komunikasi
Media online
menawarkan sebuah kesempatan berkomunikasi yang menembus ruang dan waktu,
sehingga sekalipun jauh dengan orang yang dikenal, kita masih bisa dengan mudah
mengakses kabar mereka.
2. Sarana
informasi
Selain itu,
berbagai informasi dan berita (terhangat sekalipun) dari segala penjuru, dapat
kita terima karena daya kerja media online ini. Begitu banyak manfaat yang
diberikan oleh media online ini terhadap masyarakat. Maka dari itu tak ayal
jika media ini memberikan banyak keuntungan bagi para jurnalis, bagi para
pemburu berita, dan bagi mereka yang ingin membagikan informasi-informasi untuk
masyarakat.contoh situs berita online: detik.com
3. Sarana
hiburan
Online media menawarkan berbagai
hiburan diantaranya games online, dll.
4. Sarana
Bisnis
Selain manfaat
diatas, online media juga bermanfaat sebagai sarana bisnis, yaitu bisnis
online. Banyak situs bisnis online besar yang bisa kita temui seperti
kaskus.com dan lain-lain dimana kita dapat dengan mudah memposting produk yang
akan kita jual, dengan transakasi yang mudah pula.
Fungsi Online Media bagi
manusia saat ini:
·
Komunikasi (communication)
·
Informasi (information)
·
Hiburan (entertain)
·
Bisnis (online bussines)
·
Pembelajaran (learning)
SMART
TV
TV
pintar menawarkan sejumlah "terhubung internet layanan" yang televisi
normal tidak dapat menawarkan. Memiliki setara dengan komputer dibangun ke
dalamnya, memberikan Anda lebih banyak layanan. Televisi ini menawarkan
aplikasi, media streaming, browsing Web, permainan dan, mungkin yang paling
penting, Internet Protocol Television (IPTV). IPTV adalah standar Internet
tertentu video, tetapi juga digunakan saat ini sebagai singkatan untuk
streaming video apapun melalui Internet ke TV. Hal ini dapat mengambil bentuk
klip pendek atau terus-menerus "hidup" saluran.
TV
cerdas menggunakan sistem yang disebut DLNA yang memungkinkan Anda media stream dari komputer atau
ponsel ke TV. Jika saat ini Anda men-download banyak video atau musik dari Web,
maka TV pintar yang tepat dapat mengakses konten yang secara langsung tanpa
Anda harus menyalinnya ke disk atau USB stick.
Selain
fungsi produktivitas kurang, seperti email dan word processing, TV cerdas
adalah banyak seperti komputer. Ini memungkinkan Anda untuk menelusuri Web,
menonton YouTube dan mengejar jaringan sosial. Beberapa TV (seperti yang dari
Samsung) saat ini mendukung Flash juga, yang berarti pengalaman web browsing
yang lebih baik.
Namun, sebagai kategori baru, pasti ada fitur yang akan datang dan pergi. Sebagai contoh, berapa banyak orang akan menggunakan Facebook - yang banyak hal itu sebagai kegiatan pribadi - pada TV di depan keluarga mereka ketika mereka dengan mudah dapat menggunakan laptop di depan TV?
Bagi kami, kemampuan yang paling menarik dari TV cerdas adalah kemampuan untuk mengakses video-on-demand (VOD) jasa. Pada saat ini, hanya beberapa negara Asia seperti Korea dan Jepang menawarkan pilihan VOD. Anda akan menemukan puluhan saluran khusus menawarkan surfing, sepak bola, musik dan hampir semua hal lain yang dapat Anda bayangkan.
Panasonic membuat masalah besar judul yang akan datang dengan permainan, yang akan mencakup judul Gameloft, selain sejumlah permainan olahraga yang memanfaatkan sebuah band memantau pergelangan tangan opsional.
Skype adalah aplikasi lain yang berguna, yang, dengan penambahan Webcam, memungkinkan Anda berbicara dengan teman dan keluarga di TV Anda.
Namun, sebagai kategori baru, pasti ada fitur yang akan datang dan pergi. Sebagai contoh, berapa banyak orang akan menggunakan Facebook - yang banyak hal itu sebagai kegiatan pribadi - pada TV di depan keluarga mereka ketika mereka dengan mudah dapat menggunakan laptop di depan TV?
Bagi kami, kemampuan yang paling menarik dari TV cerdas adalah kemampuan untuk mengakses video-on-demand (VOD) jasa. Pada saat ini, hanya beberapa negara Asia seperti Korea dan Jepang menawarkan pilihan VOD. Anda akan menemukan puluhan saluran khusus menawarkan surfing, sepak bola, musik dan hampir semua hal lain yang dapat Anda bayangkan.
Panasonic membuat masalah besar judul yang akan datang dengan permainan, yang akan mencakup judul Gameloft, selain sejumlah permainan olahraga yang memanfaatkan sebuah band memantau pergelangan tangan opsional.
Skype adalah aplikasi lain yang berguna, yang, dengan penambahan Webcam, memungkinkan Anda berbicara dengan teman dan keluarga di TV Anda.
Semua
TV cerdas memiliki situs yang memungkinkan Anda mengakses fungsi yang berbeda,
dan dari sana juga link ke toko aplikasi individu. Pada saat ini, semua
aplikasi yang tersedia di TV cerdas bebas, tetapi produsen berharap untuk
menerjemahkan popularitas aplikasi dibayarkan pada perangkat mobile untuk
televisi.
Sony dan Panasonic secara tradisional telah berbeda dalam fitur baru secara otomatis download sekali tersedia, dan menjadi dipilih dari halaman utama. Namun, Panasonic baru saja mengumumkan app store sendiri, jadi ini mungkin berubah.
Sudah ada saat ini aplikasi untuk radio internet, prakiraan cuaca dan hiburan serta permainan.
Sony dan Panasonic secara tradisional telah berbeda dalam fitur baru secara otomatis download sekali tersedia, dan menjadi dipilih dari halaman utama. Namun, Panasonic baru saja mengumumkan app store sendiri, jadi ini mungkin berubah.
Sudah ada saat ini aplikasi untuk radio internet, prakiraan cuaca dan hiburan serta permainan.
SMARTPHONE
Sebuah smartphone
mampu lebih dari membuat panggilan. Perangkat ini pada dasarnya adalah sebuah
ponsel dikombinasikan dengan komputer miniatur: dapat berselancar di Web,
mengirim email musik, menyimpan dan bermain dan mengambil foto dan video.
Selain itu, smartphone kebanyakan menggunakan antarmuka berbasis aplikasi, yang
memungkinkan pengguna untuk men-download program individu yang dapat melakukan
berbagai tugas.
Related
Searches:
1. Internet
Salah satu
fungsi utama dari smartphone terhubung ke Internet. Jika Anda berada di
tengah-tengah perdebatan dan tidak ingat sedikit informasi, Anda dapat
mencarinya langsung pada smartphone Anda. Jika Anda melihat sesuatu yang lucu
dan ingin berbagi dengan teman Anda, Anda dapat mengambil gambar dan
mengirimkannya langsung ke semua orang yang Anda kenal atau dikirim ke sebuah
situs jaringan sosial. Anda bahkan tidak perlu koneksi Wi-Fi: smartphone dapat
terhubung ke Internet melalui jaringan data kapal induk, yang berfungsi seperti
koneksi nirkabel sedikit lebih lambat.
2. Media
Kebanyakan
smartphone juga dapat ganda sebagai media player portabel, meskipun Anda
mungkin perlu kartu memori tambahan untuk penyimpanan tambahan. Dengan
sinkronisasi ponsel Anda dengan komputer Anda, Anda dapat mentransfer file
musik atau video ke smartphone Anda dan bermain mereka di mana saja. Smartphone
Banyak memiliki jack headphone, dan beberapa bahkan mampu menghubungkan ke
sistem speaker, yang kemudian dapat mengontrol jarak jauh. Smartphone juga
dapat menyarankan musik baru atau film yang didasarkan pada preferensi Anda,
download lagu baru, video sewa dan mengatur lagu Anda ke dalam playlist. Selain
itu, beberapa aplikasi smartphone memungkinkan pengguna belajar bermain instrumen,
menjadi DJ atau membuat atau mengedit musik dan film.
3. Foto dan Video
Kebanyakan
orang tidak membawa kamera di dalam tas atau saku, tetapi mereka umumnya
membawa ponsel mereka. Sebuah smartphone memadukan ke dalam satu perangkat,
memungkinkan Anda untuk menangkap momen yang mungkin telah cukup berlalu.
Smartphone dapat mengambil cukup gambar berkualitas tinggi, mereka juga dapat
merekam video. Anda dapat menyimpan setara dengan gulungan foto di ponsel Anda
dan menunjukkan mereka ke teman Anda kapanpun Anda inginkan.
4. Apps
Apakah
smartphone Anda beroperasi pada sistem Apple, Android atau operasi Windows
Mobile, dapat menjalankan sejumlah aplikasi, atau "apps". Aplikasi
ini dapat melakukan hampir apa saja dari balik telepon Anda ke tingkat tukang
kayu untuk memperlihatkan peta rasi bintang. Ada aplikasi untuk kebugaran,
organisasi memasak,, keuangan, berita, permainan, jaringan sosial, pendidikan -
dan seterusnya. Aplikasi dapat membantu Anda belajar bahasa baru, ingat ulang
tahun Anda, melacak paket dan bahkan memulai atau membuka kunci mobil Anda.
2.2 BAB ANALISA
DI INDONESIA
PELUANG
UNTUK PERUBAHAN
Pengguna
Media Televisi dan Internet
Sebagian besar waktu konsumen
media masih dihabiskan untuk mengonsumsi TV daripada bentuk media lain.
Menurut survei Ofcom pada 1.138 responden dewasa, konsumen media
menghabiskan waktu 3 jam 40 menit untuk menonton TV. Puncak waktu untuk
menonton ini antara pukul 6 sore hingga 9 malam.
Waktu
yang digunakan konsumen media untuk beraktivitas terkait komunikasi dan media,
seperti menonton TV, berselancar di internet, dan menggunakan telepon seluler
ini rata-rata tujuh jam tiap hari.
Survei ini juga memperlihatkan
bahwa konsumsi media internet terus meningkat. Dari jam kerja, antara pukul 9
pagi hingga 5 sore, jumlah penggunanya paling besar hingga lebih dari 20
persen. Responden berumur antara 16 hingga 24 tahun lebih banyak beraktivitas
secara multitasking, menggunakan banyak fungsi media pada satu waktu yang sama.
Jadi, sambil menonton TV mereka juga bisa berselancar di internet.
Pengguna Jejaring Sosial
Dalam
riset Digital Consumen Nielsen yang
telah dilakukan pengguna Twitter di Indonesia menghasilkan lebih dari 95 juta
tweet dan 5 juta blog. Aktivitas tersebut menjadikan Indonesia sebagai pengguna
jejaring sosial Twitter ketiga teraktif setelah Amerika Serikat dan Brasil.
Sedangkan
pengguna internet di Indonesia ada 30-36juta orang, jumlah pengguna Facebook
nomor dua terbesar di dunia dan pengguna Twitter 55juta orang.
Pengguna Smartphone
Berdasarkan
data Digital Consumen Nielsen Indonesia, saat ini ada 78% ponsel yang bisa
terhubung dengan internet, dan 38%-nya adalah SmartPhone. Diprediksi pada
pertengahan tahun 2012 nanti penetrasi SmartPhone akan mencapai 67%. Pengakses
internet via mobile akan semakin banyak, apalagi dengan kondisi kemacetan
Jakarta yang akan makin parah di tahun 2012.
Dilihat dari OS ponsel yang mengakses internet, selama tahun 2011 ini pengguna tertinggi adalah Symbian (ponsel Nokia), diikuti oleh BlackBerry. Indonesia memang pasar besar bagi BlackBerry, meski kenyataannya yang diakses aktif oleh penggunanya hanya tiga: Facebook, Twitter, dan BBM. Tidak banyak yang mengakses aplikasi lain di luar itu.
Berbeda dengan pengguna OS Android dan iOS. Meski jumlahnya lebih sedikit, tapi mereka suka bereksperimen menginstalasi beragam aplikasi.
Meski di daerah pengguna Facebook pun banyak namun penggunannya terbatas karena aplikasi yang belum memadai. Biasanya brand membuat aplikasi Facebook lalu ditanam sebagai tab di Facebook Page. Aplikasi semacam ini sayangnya tidak bisa dibaca oleh pengguna Facebook mobile, sehingga brand perlu memikirkan cara lain untuk berkomunikasi dengan mereka.
Dilihat dari OS ponsel yang mengakses internet, selama tahun 2011 ini pengguna tertinggi adalah Symbian (ponsel Nokia), diikuti oleh BlackBerry. Indonesia memang pasar besar bagi BlackBerry, meski kenyataannya yang diakses aktif oleh penggunanya hanya tiga: Facebook, Twitter, dan BBM. Tidak banyak yang mengakses aplikasi lain di luar itu.
Berbeda dengan pengguna OS Android dan iOS. Meski jumlahnya lebih sedikit, tapi mereka suka bereksperimen menginstalasi beragam aplikasi.
Meski di daerah pengguna Facebook pun banyak namun penggunannya terbatas karena aplikasi yang belum memadai. Biasanya brand membuat aplikasi Facebook lalu ditanam sebagai tab di Facebook Page. Aplikasi semacam ini sayangnya tidak bisa dibaca oleh pengguna Facebook mobile, sehingga brand perlu memikirkan cara lain untuk berkomunikasi dengan mereka.
MEDIA
IKLAN
Oleh berbagai kalangan, iklan
memiliki pengertian yang berbeda-beda. Menurut Wright (1978), iklan merupakan
suatu proses komunikasi yang mempunyai kekuatan sangat penting sebagai alat
pemasaran yang membantu menjual barang, memberikan layanan, serta gagasan atau
ide-ide melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi yang persuasif.
Sedangkan Masyarakat Periklanan Indonesia mengartikan iklan sebagai segala
bentuk pesan tentang suatu produk atau jasa yang disampaikan lewat suatu media
dan ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.
Alo Liliweri (1992) mempunyai
pendapat sendiri tentang pembagian jenis-jenis iklan.
Selain
berdasarkan kategori umum, iklan juga dibagi dalam kategori khusus berdasarkan
jenis media yang dipakai. Berdasarkan media yang digunakan, iklan dapat dibagi
dalam beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:
- Iklan Cetak
Yaitu
iklan yang dibuat dan dipasang dengan menggunakan teknik cetak, baik cetak
dengan teknologi sederhana maupun teknologi tinggi. Beberapa bentuk iklan cetak
yaitu: iklan cetak surat kabar, ikaln cetak baliho, iklan cetak poster, iklan
spanduk, dan lain-lain. Berdasarkan luas space yang dipakai, khusus untuk media
cetak suratkabar, majalah, dan tabloid, iklan-iklan dalam media ini dikenali
dalam tiga bentuk iklan, yaitu:
- Iklan Baris
Iklan ini
disebut dengan iklan baris karena pesan yang dibuat hanya terdiri dari beberapa
baris kata/kalimat saja dan biaya yang dikenakan dihitung perbaris, dan
harganya relatif murah. Biasanya iklan baris ini tidak lebih dari 3-4 baris
dengan luas tidak lebih dari satu kolom. Bahasa yang digunakan dalam
iklan baris umumnya singkat, penuh makna, dan sangat sederhana. Barang yang diiklankan
dalam iklan baris sangat beragam, meliputi barang, jasa, ucapan syukur, ucapan
selamat, mencari jodoh, dan lain sebagainya.
- Iklan Kolom
Iklam
kolom memiliki lebar stu kolom, namun lebih tinggi dibanding iklan baris.
Selain pesan verbal tertulis, dimungkinkan ula pesan nonverbal sebagai
ilustrasi gambar, simbol, lambang maupun tanda-tanda visual lainnya walu tidak
terlalu bervariasi dan sangat terbatas. Contoh iklan ucapan selamat, duka cita,
menawarkan barang dan jasa, pendidikan, panggilan (terhadap seseorang, lelang,
dsb), peringatan (dagang paten, dsb), undangan terbuka, serta lowongan kerja.
- Iklan Advertorial
Iklan yang
berkesa sebagai sebuah berita. Dalam tatarama periklanan Indonesia, iklan
dengan tnik ini diharuskan diberi keterangan “advertorial” atau “iklan” untuk
membedakannya dengan berita.Isi pesan advertorial ini sangat beragam antara
lain: iklan layanan pengobatan alternatif, kesehatan, jasa penyelenggaraan
even, wisata, nstitutonal advertising, dan sebagainya. Bila dipasag oleh
pemerintah, biasanya berisi pesan tentang pariwisata, perkembangan daerah,
potensi alam, menggugah kesadaran berpartisipasi dalam pembangunan, pendidikan,
kesetiakawanan sosial, tertib dan sadar ukum, dsb.
- Iklan Display
Lebih luas
dari iklan klom sehingga dapat mendisplay (memperlihatkan) ilustrasi berupa
gambar-gambar baik foto maupun grafis dalam ukuran yang lebih besar disampng
pesan verbal tertulis Umumnya digunakan oleh organisasi baik bisnis maupun
sosial. Misalnya iklan penjualan barang maupun jasa, ucapan selamat,
pemberitauan, permintaan maa, peringatan dagang, dsb. Ia dapat dilakukan oleh
swasta maupun pemerinta, organisasi sosial kemasyarakatan, pribadi dan
keluarga. Untuk pemasangan pribadi dan keluarga misalnya berupa iklan duka cita
, iklan ucapan selamat, permintaan maaf, dsb.
- Iklan Elektronik
- Iklan Radio
Iklan yang
dipasang melalui media radio. Iklan radio memiliki karakteristik yang khas
yaitu hanya dapat didengar melelui audio (suara) saja yang merupakan perpaduan
dar kata-kata (voice), musik dan sound effect.
- Iklan Televisi
Televisi
merupakan salah satu media yang terasuk dalm kategori above the line Iklan
televisi mengandun unsu suara, gambar dan gerak.
DUNIA
TELEKOMUNIKASI
Perubahan
Telkom dalam Mengatasi Ancaman
Seiring dengan perubahan yang
terjadi pada berbagai aspek kehidupan dan untuk menjawab tantangan lingkungan
bisnis yang baru, PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), melakukan
transformasi bisnis secara fundamental yang diikuti juga dengan diperkenalkannya
corporate identity baru untuk menyambut era baru Telkom sebagai satu-satunya
perusahaan T.I.M.E (Telecommunication, Information, Media dan Edutainment) di
Indonesia.
Direktur Utama Telkom, Rinaldi
Firmansyah mengatakan, saat ini tengah terjadi berbagai perubahan mendasar di
sekeliling kita, mulai dari perubahan lingkungan bisnis (kompetisi dan
regulasi) serta perubahan teknologi dan lifestyle.
“Untuk menjawab tantangan masa
depan tersebut Telkom memutuskan melakukan transformasi secara menyeluruh dan
mendasar,” jelas Rinaldi. Transformasi kali ini adalah yang paling besar
sepanjang sejarah Telkom, karena bersifat fundamental, menyeluruh dan
terintegrasi yang menyentuh empat aspek dasar perusahaan, yakni: Transformasi
Bisnis, Transformasi Infrastruktur, Transformasi Sistem dan Model Operasi dan
Transformasi Human Resources.
Transformasi menurut Rinaldi
sudah tidak bisa ditunda lagi. “Untuk mengantisipasi gaya hidup masa depan,
Telkom beralih dari ‘Separate Providers’ menuju ‘Single Provider’ sehingga ditetapkanlah
T.I.M.E sebagai portofolio bisnis yang baru,” tegasnya.
Dalam mendukung transformasi
tersebut Telkom telah menetapkan 10 Strategic Initiative, yang mengacu pada
strategi defense the legacy and grow the new wave serta strategic objectives
yaitu mencapai 60 % industry revenue pada tahun 2014.
Terkait dengan transformasi
tersebut Telkom juga melakukan perubahan mendasar dari sisi brand untuk
meningkatkan citra perusahaan di mata seluruh stakeholder-nya serta menetapkan
perubahan portofolio bisnis, positioning, value, tagline dan corporate
identity. Dengan corporate identity baru tersebut Telkom menerapkan budaya
(culture) baru yakni komitmen, spirit, promise, product and service quality
serta service culture yang sama sekali baru.
Telkom juga mengusung positioning baru yaitu Life Confident, 5 value baru yaitu Expertise, Empowering, Assured, Progressive & Heart, tagline baru yaitu The World is in Your Hand (sebagai pengganti Committed 2U) serta memiliki corporate identity yang baru (logo).
Melalui citra baru tersebut diharapkan Telkom dapat memberikan sebuah pengalaman baru yang berbeda dari sebelumnya kepada stakeholders. Pengalaman baru tersebut adalah layanan yang lebih baik dari operator mana pun yang pernah mereka kenal dan rasakan, serta layanan yang akan membangkitkan sebuah pengalaman yang benar-benar baru.
Telkom juga telah menetapkan hari jadinya yaitu tanggal 23 Oktober. Penetapan hari jadi ini mengacu pada pengoperasian layanan jasa telegrap elektromagnetik pertama yang menghubungkan Batavia (Jakarta kini) dengan Buitenzorg (Bogor) pada 23 Oktober 1856. Sehingga Telkom akan memeringati hari jadi untuk pertama kalinya tahun ini sebagai hari jadi ke-153 Telkom.
Transformasi Telkom
Transformasi yang diikuti dengan perubahan corporate identity pada tahun 2009 ini merupakan transformasi Telkom fase II. Pada transformasi fase I, Telkom dipimpin oleh Dirut Cacuk Sudarijanto (1988-1992) dan Setyanto P Santosa (1992-1997). Di bawah (alm) Cacuk Sudarijanto Telkom melakukan Fundamental Change: Basic Culture Transformation dan di bawah pimpinan Setyanto Telkom Go Public dan terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), New York Stock Exchange (NYSE) dan London Stock Exchange (LSX), merekstrurisasi 12 Wilayah Telekomunikasi (Witel) menjadi hanya 7 Divisi Regional (Divre) serta menyelesaikan kerjasama operasi (KSO) di 5 Divre.
Telkom juga mengusung positioning baru yaitu Life Confident, 5 value baru yaitu Expertise, Empowering, Assured, Progressive & Heart, tagline baru yaitu The World is in Your Hand (sebagai pengganti Committed 2U) serta memiliki corporate identity yang baru (logo).
Melalui citra baru tersebut diharapkan Telkom dapat memberikan sebuah pengalaman baru yang berbeda dari sebelumnya kepada stakeholders. Pengalaman baru tersebut adalah layanan yang lebih baik dari operator mana pun yang pernah mereka kenal dan rasakan, serta layanan yang akan membangkitkan sebuah pengalaman yang benar-benar baru.
Telkom juga telah menetapkan hari jadinya yaitu tanggal 23 Oktober. Penetapan hari jadi ini mengacu pada pengoperasian layanan jasa telegrap elektromagnetik pertama yang menghubungkan Batavia (Jakarta kini) dengan Buitenzorg (Bogor) pada 23 Oktober 1856. Sehingga Telkom akan memeringati hari jadi untuk pertama kalinya tahun ini sebagai hari jadi ke-153 Telkom.
Transformasi Telkom
Transformasi yang diikuti dengan perubahan corporate identity pada tahun 2009 ini merupakan transformasi Telkom fase II. Pada transformasi fase I, Telkom dipimpin oleh Dirut Cacuk Sudarijanto (1988-1992) dan Setyanto P Santosa (1992-1997). Di bawah (alm) Cacuk Sudarijanto Telkom melakukan Fundamental Change: Basic Culture Transformation dan di bawah pimpinan Setyanto Telkom Go Public dan terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), New York Stock Exchange (NYSE) dan London Stock Exchange (LSX), merekstrurisasi 12 Wilayah Telekomunikasi (Witel) menjadi hanya 7 Divisi Regional (Divre) serta menyelesaikan kerjasama operasi (KSO) di 5 Divre.
Transformasi fase II terjadi di
bawah pimpinan Kristiono (2002-2005) dan Rinaldi Firmansyah. Pada 2002 Telkom
memasuki lingkungan bisnis baru yang kompetitif. Sehingga transformasi pada
masa itu diarahkan dari perusahaan Asset-based Company menjadi Customer Centric
Company dan bertransformasi dari perusahaan telekomunikasi menjadi perusahaan
InfoCom.
Di bawah pimpinan Dirut Rinaldi
Firmansyah, di tengah kondisi yang sangat kompetitif, Telkom berubah dari
perusahaan InfoComm menjadi T.I.M.E Company, dengan menumbuhkan bisnis new wave
di satu sisi, sambil tetap mengoptimalkan/mempertahankan bisnis tradisional
berbasis legacy yang masih mangalirkan arus kas positif di sisi lain.
BAB III
KESIMPULAN
KESIMPULAN
3.1 KESIMPULAN
Saat
ini manfaat perkembangan teknologi multimedia sangatlah diperlukan dalam
berbagai bidang di seluruh dunia, seperti bidang pendidikan, kesehatan,
publikasi/periklanan, pertanian, sistem manajemen pemerintahan, dan lain-lain. Untuk
memenuhi serta mempermudah segala kebutuhan manusia di butuhkan teknologi. Untuk
itu kita dapat melihat perkembangan dan kemajuan teknologi multimedia saat ini
yang dapat menunjang kebutuhan manusia yang semakin meningkat dan beragam.
Internet merupakan kebutuhan bagi banyak
orang karena dengan internet kita bisa mengakses dan menemukan segala informasi
di seluruh dunia dengan cepat dan mudah. Perkembangan internet sangat pesat karena berbagai macam fasilitas
yang ada di dalamnya.
3D Hologram
merupakan teknologi komunikasi yang tergolong baru kehadirannya bagi masyarat
dunia. 3D Hologram mampu digunakan untuk mengirim atau menghadirkan suatu benda
atau pun manusia tanpa harus didatangkan secara langsung. Benda atau manusia
yang dihadirkan pun dalam bentuk 3D, sehingga terlihat nyata.
media online
adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet).
Termasuk kategori media online adalah portal, website (situs web, termasuk
blog), radio online, TV online, dan email.
Teknologi yang umum
kita jumpai disekitar kita yang dapat menunjang perubahan adalah smart tv dan
smartphone. Disebut smart karena teknologi ini memiliki fungsi yang lebih dari
fungsi teknologi tersebut pada umumnya. Teknologi ini membaur dengan teknologi
yang lain sehingga sumber hiburan dan sarana telekomunikasi dapat diperoleh
dengan mudah.
Indonesia adalah
konsumen besar dari teknologi multimedia dan sarana jejaring sosial. Mayoritas
masyarakat Indonesia adalah konsumen televisi dan smartphone. Waktu yang
digunakan konsumen media untuk beraktivitas terkait komunikasi dan media,
seperti menonton TV, berselancar di internet, dan menggunakan telepon seluler
ini rata-rata tujuh jam tiap hari.
DAFTAR REFERENSI
Sumber
AT Kearney. Perkembangan Teknologi Multimedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar